Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Jumat, 25 Maret 2022, 15:10 WIB
Last Updated 2022-03-25T08:10:34Z

Bupati Bojonegoro Dukung Penuh Komitmen Presiden Jokowi Bangga Buatan Indonesia


BOJONEGORO – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menghadiri langsung pengarahan Presiden Jokowi terkait aksi afirmasi bangga buatan Indonesia, di Bali, Jumat (25/3/2022). Arahan tersebut kepada menteri, kepala lembaga, kepala daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk cinta pada produk dalam negeri.

Kegiatan ini juga turut disiarkan secara live melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden. Dalam arahannya, Presiden RI Joko Widodo menegaskan untuk men-trigger pertumbuhan ekonomi sendiri melalui APBN, ABPD dan anggaran BUMN. 

“Dengan cara, kita harus memiliki keinginan yang sama untuk membeli dan bangga pada buatan kita sendiri. Bangga buatan Indonesia. Kita produksi sendiri di mana-mana bisa,” tegas Jokowi.

Mulai dari sektor kesehatan, teknologi hingga kebutuhan sekunder seperti seragam, sepatu dan perabot rumah tangga seharusnya dapat menggunakan produk dalam negeri. Presiden Jokowi yakin karena Indonesia kaya sumber daya, sehingga menegaskan untuk tidak terus-menerus bergantung pada produk impor. 

“Jangan ini diteruskan, stop. Jika semuanya beli produk dalam negeri, meloncat pertumbuhan ekonomi kita,” pungkasnya.

Artinya, lanjut Jokowi, penambahan pertumbuhan ekonomi sudah ada di depan mata. Jokowi juga menegaskan untuk mendorong sektor UKM di daerah untuk segera masuk ke e-katalog. “Masukkan sebanyak-banyaknya. Terbaru, UKM yang telah masuk ke e-katalog sebanyak 176 ribu. Akhir tahun harus sudah harus masuk lebih dari 1 juta,” katanya. 

Untuk itu, Jokowi mengimbau pada kepala daerah, mulai dari gubernur, bupati, dan walikota untuk segera memproses UKM yang berpotensi agar masuk dan terdaftar di e-katalog serta mempermudah prosesnya agar semua produk Indonesia ber-SNI. 

Secara terpisah, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mendukung penuh pada arahan Presiden Joko Widodo terkait bangga produk dalam negeri. “Pemkab Bojonegoro dan masyarakat mendukung penuh arahan Presiden Jokowi untuk bangga menggunakan produk dalam negeri,” imbuhnya. [cs/]