Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Senin, 13 November 2023, 16:02 WIB
Last Updated 2023-11-13T09:02:30Z
Kabar Apik

Ribuan Jamaah Al-Khidmah Gelar Dzikir Mauli Nabi dan Haul Akbar


KABAR APIK - Ribuan Jamaah Al-Khidmah dan Jamaah Ath Thoriqoh Al Qodariyah Wan Naqsyabandhiyyah Al Usmaniyah pada Minggu (13/11/2024) pagi, melaksanakan Dzkiri dan Do’a bersama Akbar di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Jamaah Al-Khidmah sendiri cukup populer di kalangan masyarakat Bojonegoro, dan memiliki jamaah ribuan. Jemaah ini didirikan oleh Almarhum KH. Asrori, pengasuh Pondok Pesantren Al-Fitroh, Surabaya.

Dzikir Akbar yang rutin setiap tahunya terus dilaksanakan ini, kali ini kali ini menggelar Majlis Dzikir Maulidurrosul SAW dan Haul Akbar Kabupaten Bojonegoro Ke 346. Pantauan JTV dilokasi, Ribuan jamaah dari berbagai Wilayah maupun daerah dengan mengenakan pakaian serba putih tumpah ruah di Pendopo Malowopati, bahkan saking banyaknya jamaah yang datang hingga membludak memadati di area sekitar lokasi Pendopo.

Mereka yang datang dengan khusyuk mengikuti Dzikir Akbar dengan membaca lantunan Dzikir serta Sholawat. Pimpinan Wilayah Al-Khidmah Jawa Timur KH Jamaluddin Malik menjelaskan, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunya ini diikuti oleh sekitar 5 Ribu jamaah serta dihadiri oleh para Habaib. Diantaranya Habib Muhammad Al Jufry, Habib Muhsin Bin Yahya Al Jufry dan Habib Salim Bin Baharun Ba’agil.

“Kegiatan yang kita laksanakan Mauliddurosul SAW dalam rangka Haul Akbar Kabupaten Bojonegoro sekaligus Hari Jadi Bojonegoro,” Ungkapnya.

Antusiasme Para Jamaah sangat tinggi dalam mengikuti Dzikir Akbar Majlis Dzikir Maulidurrosul SAW dan Haul Akbar Kabupaten Bojonegoro Ke 346. Hal tersebut terbukti, dari banyaknya Jamaah yang hadir tidak hanya dari penjuru wilayah di Kabupaten Bojonegoro, melainkan juga dikuti oleh Jamaah dari Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik bahkan hingga Kabupaten Jombang.

“Ini kegiatan yang bersifat rutin tahunan, yang digelar oleh Jamaah Al-Khidmah Kabupaten Bojonegoro, juga diikuti oleh jamaah jamaah yang berada di wilayah Jawa Timur sebagian,” Tuturnya.

Lebih lanjut, KH Jamaluddin Malik menjelaskan jika dilaksanakanya Dzikir Akbar ini, untuk mendo’akan bagi kepentingan bersama masyarakat dan juga mendo’akan Haul Kabupaten maupun Provinsi agar selalu diberikan keselamatan, ketentraman dan keberkahan.

KH. Jamaluddin Malik menambahkan, kegiatan seperti ini juga bisa menjadi penyejuk suasana mengingat menjelang tahun pemilu. Maka Al-Khidmah hadir sebagai penenang situasi dan sebagi langkah menjaga ketentraman dan kerukunan di tengah masyarakat.

“Kita ingin masyarakat Dzikir itu di tengah kehidupan masyarakat kita, dari ivent yang ada di tingkat Kabupaten seperti Hari Jadi kemudian di Provinsi juga ada Hari Jadi Provinsi, atau kegiatan Tasyakuran peringatan hari besar Islam maupun Hari Besar Nasional kita juga ingin hadir berada di tengah-tengah masyarakat tersebut. Kita ingin mewarnai bahwa dengan Do'a dan Dzikir insya'allah semuanya bisa menjadi aman bersama elemen masyarakat, bisa menjadi masyarajat Baldatun Toyyibatun W Robbun Ghofur,” Jelasnya Saat di wawancara awak