Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, August 1, 2020, 12:49 WIB
Last Updated 2020-08-01T05:49:55Z
Daun Jati

MAN 1 Bojonegoro, Madrasah Riset, Literasi Dan Tahfidz



Madrasah aliyah negeri 1 bojonegoro atau man 1 bojonegoro, awal berdirinya berdasarkan sk menteri agama republic indonesia  No. 17/1968. pada saat itu bernama sp iain atau sekolah persiapan institut agama islam negeri yang berstatus swasta bertempat di masjid agung darussalam bojonegoro. lembaga tersebut didirikan bertujuan untuk menampung pemuda-pemuda dalam lembaga islam, karena pada waktu itu dipandang perlu sekali, karena di daerah ini hanya terdapat sebuah lembaga pendidikan islam tingkat atas yaitu pgan.

Kemudian mulai tahun ajaran 1979/1980 statusnya berubah menjadi negeri yaitu madrasah aliyah negeri, bertempat di jalan monginsidi 160 bojonegoro. berdasarkan SK menteri agama republic indonesia  RI No. IV/PP.06/KEP/174/1998, tanggal 20 pebruari 1998 ditetapkan sebagai madrasah aliyah negeri. sejak resmi menjadi nama madrasah aliyah negeri bojonegoro, sekolah ini secara bertahap terus mengalami peningkatan kualitas yang cukup signifikan dengan visi dan misinya.

Man 1 bojonegoro yang terintegrasi riset literasi dan tahfid, ditunjang pula dengan kegiatan ekstrakulikuler seperti karya ilmiah remaja dan olimpiade yang telah mencetak juara juara kir dan olimpiade. ekstra robotika untuk melatih dan membekali pengalaman siswa di bidang riset dan teknologi, ekstra tahfid qur’an yang menghasilkan para hafid hafidhoh al-qur’an serta kegiatan rutin kajian kitab yang dilaksanakan setiap pulang sekolah yang memberi pendalaman agama tentang akidah, muamalah dan ibadah.