JTV

JTV

Iklan

jtvbojonegoro
Friday, September 11, 2020, 14:10 WIB
Last Updated 2020-09-29T14:17:03Z
Pojok PituTeknologiViewer

Hindari Serangan Burung Petani Pasang Jaring


JOMBANG - Puluhan hektare lahan padi di jombang, terancam gagal panen. Belasan hektaran lahan padi yang telah mulai berisi terancam diserang hama burung. Guna mencegah serangan terus terjadi dan tidak mengalami gagal panen petani melakukan pemasangan jaring di atas hamparan lahan padi.

Petani di kawasan  dusun pedes desa sukorejo kecamatan perak jombang ini harus nembah biaya tanamannya. Pasalnya serangan hama burung pipit mulai mengancam. Apalagi kondisi tanaman sudah berusia di atas tiga bulan dan siap berbulir dan  berisi.  
 
Namun harapan petani untuk bisa panen dengan hasil tinggi, nyaris pupus. Sebab hama burung pipit setiap saat menyerang.pasalnya jumlahnya mencapai ribuan ekor, padi yang telah mulai berisi di makan hingga habis ataupun rusak akibat buliran padi patah.   
 
Mastar salah satu petani mengatakan. Petani di desa ini melakukan pemasangan jaring untuk menutup lahan padi masing-masing. Tujuannya agar burung tidak bisa makan tanaman padi yang sudah berbuah. Meski harus menambah modal sekitar 8 juta rupiah setiap hektare, namun petani merasa tidak ada pilihan lain. Sebab jika dibiarkan diserang hama burung, petani hanya akan panen sekitar 30 persen.
 
Pemasangan jaring ini, diharapkan petani akan panen padi dengan hasil normal. Padi tanpa serangan hama setiap hektare, hasilnya berkisar 11 hingga 12 ton gabah. Sehingga petani mendapat keuntungan cukup besar.