Iklan

jtvbojonegoro
Friday, October 23, 2020, 14:42 WIB
Last Updated 2020-10-23T09:02:26Z
TubanViewer

Bawaslu Gandeng Santri Jadi Mitra Pengawasan Pilkada

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Bawaslu kabupaten tuban, menggandeng santri dan pelajar untuk menjadi mitra pengawasan pilkada serentak 2020. Para remaja tersebut dibekali sejumlah pengetahuan agar dapat berpartisipasi melakukan pengawasan dan pencegahan pelangaran pemilu. Dalam kesempatan itu juga digelar istighosah dan doa bersama untuk pilkada aman dan damai.

Badan pengawas pemilu atau bawaslu, kabupaten tuban, menggelar istighosah dan doa bersama, serta sosialisasi pengawasan. Sejumlah santri dan pelajar dikumpulkan untuk dibekali pengetahuan tentang pemilu, khususnya pilbup tuban yang akan digelar 9 desember 2020.
 
Kegiatan yang diikuti santri dan pelajar dari berbagai pondok pesantren ini digelar di dua tempat. Materi pembekalan pengawasan partisipatif disampaikan di aula salahsatu hotel. Sedangkan istighosah dan doa bersama digelar di masjid astana komplek makam sunan bonang, kelurahan kutorejo, kecamatan tuban, kabupaten tuban.
 
Santri dan pelajar diharapkan dapat menjadi mitra pengawasan pilkada. Dengan pengetahuan yang diperoleh, santri dan pelajar mampu melakukan mengawasi dan mencegah tindak pelanggaran pemilu. Sehingga pilkada dapat berjalan aman dan damai tanpa diwarnai praktek kotor seperti money politik.
 
Pilbup tuban sebenarnya tidak termasuk salahsatu daerah rawan. Namun demi kelancaran pelaksanaan pilbup tuban, maka digelar istighosah dan doa bersama. Dengan bacaan ayat suci diharapkan corona segera hilang, dan pilkada tuban dapat terlaksana dengan aman dan damai.
 
Kegiatan ditutup dengan ziarah makam sunan bonang. Meski melibatkan santri dan pelajar, namun pelaksanaan kegiatan tetap menerapkan standart protokol kesehatan.