BRAVO

BRAVO

Iklan Gambar

Iklan Gambar
jtvbojonegoro
Monday, October 5, 2020, 13:55 WIB
Last Updated 2020-10-06T05:53:42Z
LamonganViewer

Puluhan Hektar Tanaman Semangka Terancam Gagal Panen

Reporter: Zulkifli Zakaria

LAMONGAN - Petani semangka di dua kecamatan di kabupaten lamongan, terancam gagal panen. Hal ini setelah tanaman semangka milik petani yang baru berusia lebih dari tiga puluh hari, diserang hama tikus.

Pada musim tanam tahun ini, petani semangka di kecamatan sugio dan sukodadi lamongan, terancam gagal panen. Hal ini setelah tanaman semangka berusia lebih dari tiga puluh hari milik petani setempat, diserang hama tikus.

Berbagai cara telah dilakukan para petani setempat, agar tanaman semangka milik mereka tetap bisa tumbuh dan berbuah seperti biasa. Yakni dengan memberikan berbagai macam obat-obatan. Namun, usaha tersebut belum membuahkan hasil.

Pasalnya, hama tikus ini, langsung menyasar buah-buahan. Sehingga buah semangka tersebut, berlubang dan membusuk.  

Menurut suparman, salah satu petani di kecamatan sukodadi lamongan, serangan hama ini sudah berlangsung sejak satu bulan terakhir. Meski telah diberi obat-obata, namun justru hama tikus kian tak terkendali.

Selain memberikan obat-obatan, tanaman semangka ini juga diberi potongan bambu, hal ini agar terhindar dari serangan hama tikus. Akibat hama ini, kerugian para petani perhektarnya mencapai sepuluh hingga lima belas juta rupiah.