Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Saturday, November 14, 2020, 15:06 WIB
Last Updated 2020-11-14T09:01:07Z
BojonegoroViewer

Musim Penghujan, Warga Dihimbau Waspadai Ular Berbisa

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Dinas pemadam kebakaran (damkar) pemerintah kabupaten bojonegoro, mengimbau kepada warga masyarakat di seluruh wilayah kabupaten bojonegoro, untuk mewaspadai adanya ular cobra dan ular berbisa lainnya.

Kepala dinas damkar bojonegoro, acmad gunawan mengatakan bahwa saat memasuki musim penghujan, biasanya musim tetas telur ular, sehingga bisa jadi akan muncul banyak populasi ular baru yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi warga masyarakat terutama di pemukiman.

Achmad gunawan menyebutkan bahwa di wilayah kabupaten bojonegoro, keberadaan ular cobra atau ular berbisa tergolong cukup banyak. Selain kemunculan ular berbisa, di kabupaten bojonegoro ini juga terdapat cukup banyak sarang tawon vespa (tawon ndas) .

Berdasarkan data dari dinas damkar, hingga akhir oktober 2020, setidaknya pihaknya telah melakukan evakuasi atau penanganan ular cobra dan ular berbisa lainnya sebanyak 113 kejadian. Sementara, dalam kurun waktu yang sama, pihaknya juga telah melakukan evakuasi atau penanganan terhadap tawon vespa (tawon ndas) sebanyak 108 kejadian.

Diketahui bahwa, sejak beberapa tahun terakhir ini pihak dinas damkar bojonegoro, secara terus menerus telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait penanganan ular cobra atau ular berbisa dan tawon vespa.