JTV

JTV

Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Wednesday, November 18, 2020, 15:19 WIB
Last Updated 2020-11-18T09:06:58Z
TubanViewer

Tekan Golput, Napi Nonton Bareng Debat Pilkada Tuban

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Pemandangan berbeda terlihat di lembaga pemasyarakatan,lapas, kelas II B kabupaten tuban, selasa siang. Para narapidana berkumpul untuk nonton bareng debat calon bupati dan wakil bupati tuban yang diselenggarakan komisi pemilihan umum kabupaten tuban bekerjasama dengan jtv.

Nonton bareng digelar di tiga tempat dalam lingkungan lapas, yaitu aula, lorong blok A narkoba, dan blok B. Pemisahan ini dilakukan sebagai penerapan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Para narapidana maupun petugas juga diwajibkan memakai masker, serta menjaga jarak tempat duduk.

Meski hanya melalui layar dan televisi, namun para narapidana tetap antusias mengikuti setiap sesi debat. Mereka senang diberi kesempatan mengetahui profil dan visi misi calon pemimpin tuban masa depan.

Dari total 283 penghuni lapas, 188 narapidana memiliki hak suara dalam pemilihan bupati dan wakil bupati tuban 2020. Agar tidak seperti memilih kucing dalam karung. Maka narapidana diberi kesempatan mengenal para calon melalui nonton bareng debat.

Untuk menekan angka golput, KPU tuban juga akan menyiapkan TPS khusus dalam lingkungan lapas. Para narapidana diharapkan dapat menyalurkan hak suaranya secara demokratis.

Pemilihan bupati dan wakil bupati tuban 2020 akan diikuti tiga pasangan calon. Yaitu khozanah hidayati dan mohammad anwar, aditya halindra farizky dan riyadi, serta setiajit dan armaya mangkunegara.