JTV

JTV

Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Thursday, November 5, 2020, 16:16 WIB
Last Updated 2020-11-05T09:33:46Z
BojonegoroViewer

Waspada Ancaman DBD Di Tengah Pandemi Covid-19

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Ditengah merebaknya virus corona atau covid-19, terlebih saat ini memasuki musim penghujan, ancaman penyakit demam berdarah dengue juga perlu diwaspadai. Hingga oktober 2020 ini, berdasarkan data dinas kesehatan kabupaten bojonegoro, diwilayahnya terhitung sudah ada 71 kasus DBD dengan 1 kasus kematian.

Memasuki musim penghujan, pemerintah kabupaten bojonegoro melalui dinas kesehatan, mengimbau kepada masyarakat agar melakukan upaya pencegahan dan pengendalian infeksi dengue dalam masa pandemi covid-19.

Terlebih, kabupaten bojonegoro selama ini menjadi salah satu daerah dengan penyumbang kasus tertinggi demam berdarah dengue di provinsi jawa timur.

Kepala bidang penanganan dan pengendalian penyakit dokter whenny dyah prajanty mengatakan. Saat ini, masyarakat perlu menjaga kesehatan dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan demam berdarah. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu melalui pemberantasan sarang nyamuk dengan cara mengurangi, menutup dan menyingkirkan.

Sementara itu, berdasarkan data dinas kesehatan kabupaten bojonegoro dari bulan januari hingga oktober tahun 2020 ini, sudah terhitung sebanyak 71 kasus demam berdarah, dengan 1 kasus meninggal dunia. Meski begitu pihak p2p dinas kesehatan kabupaten bojonegoro terus melakukan upaya pencegahan dan pengendalian dari DBD tersebut.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat, agar dimasa pandemi ini tidak hanya covid-19 yang perlu diwaspadai, tetapi masih banyak penyakit lainnya yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah DBD. Menuju normal baru ini, agar warga kembali menjaga kebersihan lingkungan sebagai langkah pencegahan penyebaran kasus DBD dan covid-19.