Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, December 1, 2020, 13:33 WIB
Last Updated 2020-12-01T08:36:13Z
Pojok PituViewer

Ekskavasi Situs Sumberbeji Tahap Tiga Berakhir

Reporter: Saiful Mualimin

JOMBANG - Situs sumberbeji di desa kesamben, kecamatan ngoro, jombang, kini telah tampak utuh. Kondisi ini diketahui setelah ekskavasi tahap ketiga selama delapan hari diselesaikan. Seluruh bangunan situs yang diperkirakan dibangun pada zaman kerajaan kahuripan ini. Kini kelihatan secara utuh.
 
Dari ekskavasi ketiga ini diketahui, dua bangunan bilik pada salah satu  sisi petirtaan utama, yang sebelumnya masih tertutup tanah. Selain itu juga telah ditemukan lantai dasar bangunan tempat pemandian untuk menyucikan diri kalangan petinggi kerajaan ini.
 
Wicaksono dwi nugroho, arkeolog BPCB jawa timur mengatakan. Dalam proses ini diketahui, kedalaman lantai dasar 130 sentimeter dari permukaan bangunan paling atas. Dari permukaan tanah  hampir mencapai tiga meter.  Lantai dasar situs ini berupa batu bata, namun berbeda dengan bentuk batu bata peninggalan kerajaan majapahit.
 
Dalam ekskavasi ini, BPCB juga menemukan sejulah benda peninggalan zaman dahulu, berupa tembikar, gelang emas dan arca. Setelah ekskavasi tahap ketiga, BPCB masih berencana  akan melakukan ekskavasi tahap ke empat yang diagendakan tahun depan untuk menemukan saluran pembuangan air kolam pentirtaan.