Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, January 16, 2021, 16:20 WIB
Last Updated 2021-01-16T09:30:16Z
BojonegoroViewer

Tebing Bengawan Solo Longsor, Rumah Warga Terancam Amblas

Reporter: Avrizal Ilmi

BOJONEGORO - Daratan sepanjang aliran bengawan solo, terus mengalami longsor. Peningkatan arus dan debit air sungai setiap musim penghujan selalu menggerus. Salah satunya seperti yang terjadi di kelurahan ledok kulon, kecamatan bojonegoro kota, kabupaten bojonegoro, pada sabtu pagi.

Longsor yang berlangsung setiap tahun pada musim hujan ini, menyebabkan sebagian besar tebing sungai terpanjang di pulau jawa ini amblas dan longsor sepanjang 20 meter.

Sementara di desa sranak kecamatan trucuk , tiga rumah warga yang berada di bibir sungai aliran sungai bengawan solo terancam amblas terbawa arus sungai bengawan solo .

Tebing sungai kembali longsor selebar 3 meter, pasca debit air sungai bengawan solo naik. Sementara warga lainnya sudah memilih memindahkan rumahnya sebelumnya.

Salah satunya nur koyin . Warga desa sranak yang memilih nemindahkan rumahnya karena takut terjadi longsor susulan. Meski demikian berbahaya, nampak beberapa warga masih tetap bertahan tinggal. Namun warga tidak punya pilihan lain.

Warga merasa was-was saat debit air sungai naik. Mereka berharap pemerintah secepatnya membangun tanggul beton, sehingga longsor tidak terus mengancam.