Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Thursday, February 4, 2021, 16:02 WIB
Last Updated 2021-02-04T09:02:22Z
TubanViewer

Gua Batu Bersuara Merdu Ditemukan Di Perbukitan Kapur Tuban

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Ladang jagung di kawasan perbukitan kapur dusun tegalrejo, desa mulyoagung, kecamatan singgahan, kabupaten tuban, ini sekilas nampak biasa saja. Namun setelah ditelusuri diantara hamparan tanaman jagung terdapat sebuah gua alam unik.
 
Gua ini ditemukan pertama kali oleh petani setempat saat membersihkan semak belukar. Tanpa disadari ternyata diantara tanaman liar terdapat mulut gua. Meski awalnya dianggap biasa, namun foto keindahan gua ini akhirnya viral setelah seorang netizen mempostingnya di media sosial.
 
Posisi gua berada di bawah tanah, pada kedalam sekitar dua meter. Untuk memasuki gua, pengunjung harus melewati lubang berdiameter seratus lima puluh centimeter secara bergantian. Akses keluar masuk tunggal, sehingga harus dilakukan bergantian.
 
Belum diketahui pasti ujung gua. Sebab pengunjung yang masuk hanya berhenti pada kedalam sekitar tiga puluh meter. Selain gelap, kondisi dalam gua juga cukup lembab. Namun pemandangan alam dalam gua membuat pengunjung betah berlama-lama.
 
Menurut irsyadul ibad warga sekitar, terdapat stalagmit dan stalagtit indah di dua yang dapat dijadikan latar belakang swafoto. Bahkan, sebagian bebatuan juga dapat menghasilkan suara berbeda-beda. Sehingga pengunjung dapat memainkan bebatuan layaknya alat musik tabuh.

Keberadaan gua alam ini rawan rusak. Warga berharap pemerintah melakukan pengelolaan, agar keindahannya terjaga dari tangan-tangan jahil.