Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Saturday, February 6, 2021, 15:32 WIB
Last Updated 2021-02-06T08:32:32Z
TubanViewer

Jelang Imlek, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Bersolek

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Suasana tempat ibadah tri dharma klenteng kwan sing bio di jalan r-e martadinata kabupaten tuban ini, masih tampak sepi. Belum ada aktivitas sembahyang bersama atau pun ritual keagamaan berjamaah, menjelang tahun baru imlek yang akan jatuh pada tanggal 12 januari 2021 mendatang.
 
Meski demikian, pada sabtu pagi, sejumlah umat tri dharma dan karyawan di klenteng terbesar se asia tenggara ini, sudah mulai sibuk dengan berbagai persiapan menjelang imlek. Diantaranya, membersihkan ruangan altar, membersihkan dan mengganti lampu lampion, menyediakan lilin dan hio untuk piranti sembahyang,  serta membersihkan sarana ibadah dan sembahyangan lainnya.
 
Ketua penilik demisioner klenteng kwan sing bio tuban, alim sugiantoro mengatakan. Menyambut pergantian tahun baru cina tersebut, persiapan mulai dilakukan sejak dini. Namun, perayaan imlek tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Lantaran saat ini masih dalam masa pandemi covid-19.
 
Perayaan imlek akan digelar secara sederhana dan tidak ada pesta barongsai seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat sembahyang imlek besok, umat juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Klenteng yang biasanya menjadi jujugan wisatawan dari berbagai daerah di indonesia ini, juga sementara ditutup, untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19.
 
Menyambut tahun kerbau logam ini, pihak klenteng berharap pandemi covid-19 khususnya di indonesia segera berakhir serta vaksinasi berjalan lancar. Selain itu, umat tridharma juga berdoa agar roda perekonomian yang sempat terpuruk akibat dampak pandemi segera pulih serta indonesia terhindar dari bencana.
 
Sekedar diketahui, hari raya imlek ke 2572 ini, merupakan tahun kerbau logam, yang merupakan simbol ketekunan dan kerja keras. Selain itu, juga melambangkan semangat untuk terus rajin berusaha dengan dilandasi kejujuran.