Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, February 12, 2021, 15:44 WIB
Last Updated 2021-02-12T08:44:39Z
TubanViewer

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Ritual Doa Dan Sembahyang Bersama


TUBAN - Pergantian tahun baru china, diperingati para umat tri dharma di seluruh dunia. Termasuk di tempat ibadah tri dharma klenteng kwan sing bio, kabupaten tuban. Di klenteng terbesar se asia tenggara ini, suasana pergantian tahun baru cina nampak lengang.
 
Peringatan tahun baru imlek di tempat ibadah umat tri dharma ini digelar secara sederhana. Para umat tri dharma hanya memperingatinya dengan melakukan ritual suci dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena masih dalam masa pandemi, sembahyang dan doa bersama ini digelar dengan pembatasan jumlah jamaah, yakni hanya 25 orang saja.
 
Meski demikian, sembahyang tetap berjalan khusuk. Sembahyang dan doa diawali dengan menghadap kepada tian, atau tuhan yang maha esa dengan tujuan agar mendapatkan berkah dan keselamatan.
 
Kedua, ditujukan kepada kong co kwan sing tee koen, dewa bagi umat tri dharma di klenteng setempat. Dan yang ke tiga, ritual sembahyang di altar tri nabi, yang di tujukan kepada tiga dewa, masing masing dewa umat budha, umat tao, dan umat kong hu chu.
 
Hari raya imlek ke 2572 tahun ini, dibawah naungan kerbau logam. Yang mana, umat tri dharma percaya, ini merupakan tahun untuk giat dan bekerja keras. Karena tahun ini masih dalam masa pandemi covid-19, umat diajak untuk bersama-sama giat dan bekerja keras melawan covid-19. Sehingga, pandemi ini segera berakhir, dan seluruhnya dapat kembali normal.

Alim sugiantoro, ketua penilik demisioner klenteng kwan sing bio menegaskan, pada imlek tahun ini klenteng kwan sing bio meniadakan seluruh acara yang bisa menimbulkan keramaian. Jika dalam kondisi normal seperti tahun-tahun sebelumnya, klenteng setempat selalu menggelar atraksi barongsai dan berbagai acara perayaan yang meriah.
 
Sementara itu, pada puncak imlek  yaitu pai cia, yang artinya saling memberikan ucapan selamat imlek kepada seluruh umat. Umat diminta untuk melakukan secara virtual dan melaksanakan di rumah masing-masing.