Iklan

jtvbojonegoro
Tuesday, March 23, 2021, 16:32 WIB
Last Updated 2021-03-23T09:32:17Z
Kabar ApikViewer

Abidin Fikri: Ekonomi Gotong Royong Pedesaan untuk Menopang Kemandirian dan Kedaulatan


KABAR APIK - Dalam rangka memperkuat pemahaman kebangsaan di kalangan masyarakat, Anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H memaparkan pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila, UUD NRI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI bersama masyarakat desa Ngrejeng, Kec. Purwosari, Bojonegoro, Selasa (23/03/21).

Dalam agenda Sosialisasi Empat Pilar MPR RI tersebut, Abidin mengatakan bahwa untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi sebanyak-banyaknya orang, sekaligus mengurangi ketimpangan dan kemiskinan pedesaan dapat diatasi melalui praktek ekonomi gotong royong di desa-desa. Ekonomi gotong royong dapat menstimulir industrialisasi pedesaan yang surplusnya juga dinikmati secara adil di pedesaan.

"Dalam relasi produksi gotong royong itu, kita bisa bangun ekonomi pedesaan yang bertumpu pada produktifitas lahan dan juga kemudian produktifitas tenaga kerja dengan unit ekonomi koperasi,” jelas Abidin. 

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Tuban dan Bojonegoro itu mengungkapkan di masa pandemi, masyarakat pedesaan dapat menjadi contoh sekaligus pelopor bertahannya masyarakat pedesaan dari krisis. Hal ini tentu harus dilihat sebagai pelajaran penting bagaimana pedesaan membangun dirinya dengan gotong royong yang sejatinya adalah intisari dari Pancasila. 

"Kehidupan saling tolong-menolong, dan bentuk-bentuk pembagian kerja dan keuntungan yang lebih adil dan memanusiakan manusia sebenarnya ada di desa-desa." Ungkapnya. 

Selain itu, Abidin juga menuturkan bahwa sektor pertanian yang ada di pedesaan adalah titik berangkat dari industrialisasi berbasis pedesaan yang dapat menopang kemandirian nasional. 

"Jadi inilah kekhasan Indonesia, dimana desa dapat berperan dalam menopang ekonomi nasional yang berwatak kemandirian dan kedaulatan,” pungkas Abidin. (ADV)