Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, March 13, 2021, 16:09 WIB
Last Updated 2021-03-13T09:09:14Z
BojonegoroViewer

Ikan Predator Channa, Idola Baru Penghobi Ikan Hias


BOJONEGORO - Jika biasanya kita mengenal ikan gabus sebagai ikan yang dikonsumsi, namun ikan gabus ini berbeda, ikan gabus ini dijadikan penghias aquarium.

Tidak seperti ikan gabus yang sering ditemui di sungai, ikan gabus hias atau ikan channa ini memiliki warna, serta corak yang unik. Hal inilah yang menarik perhatian para penghobi ikan.

Meski dikenal agresif bahkan cenderung galak, namun ikan ini cukup populer di kalangan para penghobi ikan predator. Hal ini juga diakui oleh eko wahyuono, penghobi ikan gabus hias di kabupaten bojonegoro.

Berawal dari hobinya memelihara ikan predator, kini eko sudah mengkoleksi berbagai macam jenis ikan channa, mulai dari auranti, maru yellow sentarum, blue pulchra, red borneo, hingga channa orca.

Untuk perawatan, ikan gabus tergolong mudah. Sedangkan untuk pakan, ikan predator ini biasa diberi makan cacing, udang serta serangga, seperti jangkrik dan ulat.

Eko mengakui, ikan gabus hias atau channa sebenarnya sudah lama dikenal di kalangan penghobi, namun semenjak pandemi covid-19, ikan gabus hias ini seolah menjadi idola baru dalam ikan predator.

Untuk harga, ikan gabus hias ini cukup bervariasi, tergantung jenis. Mulai dari puluhan ribu rupiah untuk ukuran kecil atau anakan, hingga jutaan rupiah.