Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, April 20, 2021, 16:22 WIB
Last Updated 2021-04-21T09:04:46Z
BojonegoroViewer

Berkah Ramadhan, Pengrajin Rajut Banjir Pesanan


BOJONEGORO - Berada di galeri rumah rajut inilah berbagai kerajinan rajut hasil karya seorang perempuan asal kabupaten bojonegoro sukses menghasilkan pundi-pundi rupiah.
 
Ia adalah nurul,  warga desa bonorejo, kecamatan gayam , kabupaten bojonegoro. Siapa sangka hasil kerajinan rajut miliknya kini bahkan ada yang eksport hingga ke luar negeri .
 
Awal usaha kerajinan rajut miliknya, dari hobi  sambil mengisi waktu luang. Selain itu pada tahun 2019, ia sering mengikuti pelatihan merajut di berbagai pelatihan.
 
Saat ini nurul mempunyai 50 karyawan dari kalangan ibu-ibu dari sekitar rumahnya. Ada berbagai jenis karya buatannya mulai dari gantungan kunci dari rajut , peci dan tas rajut , selain itu juga ada tas , dompet , peci hingga pernik lainnya . Termasuk rajutan konektor masker , yang sekarang begitu dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi covid-19 .

Apalagi saat bulan bulan suci ramadhan seperti ini, ada peningkatan penjualan hingga 50 persen. Sedangkan harga kerajinan rajut ini bervariasi , tergantung ukuran hingga tingkat kerumitan. Mulai dari 10 ribu untuk gantungan kunci dan peci, ada juga yang 200 ribu rupiah hingga 300 ribu rupiah untuk tas rajut.