Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 29 Agustus 2023, 16:23 WIB
Last Updated 2023-08-29T09:23:07Z

Pencurian Panel PJU di Bojonegoro Terekam CCTV, Aksi Serupa Terjadi di 26 Titik


BOJONEGORO - Aksi pencurian panel penerangan jalan umum (PJU) marak terjadi di Kabupaten Bojonegoro. Terbaru, aksi pencurian yang dilakukan oleh dua orang ini terekam CCTV. Pelaku datang dengan membawa sepeda motor dan mengenakan pakaian serba hitam.

Banyaknya kasus pencurian komponen di dalam panel kontrol PJU ini, sudah ditindaklanjuti oleh pihak Dinas PKP Cita Karya setempat. Setelah dilakukan pengecekan di lapangan, sebanyak 26 panel PJU dinyatakan hilang.

Masing-masing 13 titik di Kecamatan Kota Bojonegoro, Kecamatan Malo dan Kecamatan Trucuk 8 titik, dan di Kecamatan Kapas serta Kecamatan Dander ada sebanyak 5 panel kontrol PJU yang raib dicuri.

Kabid PJU dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro, Sariffurin mengatakan, akan melakukan pemasangan box panel PJU di tempat yang lebih tinggi agar kejadian pencurian tidak kembali terulang. Sementara berbekal bukti video rekaman CCTV, kasus pencurian ini sudah dilaporkan kepada pihak kepolisian.

“Dari hasil pengecekan di lapangan ada 26 panel PJU yang hilang. Dengan bukti rekaman CCTV itu sudah kami laporkan polisi,” ungkap Saruffurin kepada JTV, Selasa (29/08/2023).

Lanjutnya, satu komponen panel kontrol PJU dipasaran dibanderol dengan harga antara 2 sampai 3 juta rupiah. Panel PJU ini dapat menyalakan 22 titik lampu PJU. Akibat kasus pencurian ini, kerugian ditaksir mencapai 70 juta rupiah.

“Kerugian kisaran 70 juta rupiha. Semoga kejadian ini tidak terjadi kembali karena kami juga sudah lakukan upaya pencegahan,” pungkas Sariffurin. (edo/rok)