Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 02 April 2024, 16:40 WIB
Last Updated 2024-04-02T14:13:21Z
Bojonegoro

492 Pasangan di Bojonegoro Akan Menikah Pada Malam 9


BOJONEGORO - Ratusan pasangan calon pengantin di Kabupaten Bojonegoro, akan melangsungkan pernikahan pada malam 29 bulan ramadhan atau biasa disebut warga dengan sebutan malam 9. Momen sakral yang jatuh pada tanggal 8 April 2024 tersebut dianggap sebagai hari baik untuk melangsungkan pernikahan. 


Dari data Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, tercatat ada sebanyak 492 pasangan pengantin dari 26 kecamatan di Kabupaten setempat yang akan melangsungkan pernikahan pada malam sembilan. 


Plt Kasubag Tu Kantor Kemenag Bojonegoro, Moh. Zainal arifin mengatakan, pasangan calon pengantin terbanyak yang akan melangsungkan pernikahan pada malam 29 ramadhan tersebut berasal kecamatan Sumberjo, Kanor, Kepohbaru, dan Baureno. 


“Se Kabupaten Bojonegoro total ada 492 pasangan yang akan menika pada hari tersebut. Tapi ada dua kecamatan yang nihil pasangan menikah pada malam 9, yakni Kecamatan Margomulyo dan Sekar,” jelasnya kepada JTV, Selasa (02/04/2024).


Zainal Arifin menambahkan, melangsungkan pernikahan pada malam sembilan, sudah menjadi budaya dan tradisi kental bagi orang jawa. “Menggelar pernikah pada hari tersebut dinilai akan memberikan keberkahan, sehingga menjadi pasangan sakinah mawadah warahmah,” tegasnya.


Membludaknya pasangan yang akan melangsungkan pernikahan pada malam 9, tentunya membuat penghulu di beberapa KUA Kecamatan yang terdapat pasangan nikah lebih 15, akan bekerja lebih ekstra. Bahkan, tentunya akad nikah diperkirakan bisa berlangsung hingga jam 1 malam, tergantung dari kondisi pasangan di tiap wilayah. (edo/rok)