Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Thursday, July 9, 2020, 16:42 WIB
Last Updated 2020-07-09T09:42:37Z
BojonegoroViewer

Diduga Tercemar, Air Bengawan Solo Berwarna Merah Kehitaman


BOJONEGORO - Air sungai bengawan solo di kabupaten bojonegoro, berwarna hitam kemerahan. Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak 2 hari terakhir. Sungai terpanjang di pulau jawa ini, diduga telah tercemar berbagai jenis limbah dari kawasan hulu.

Beginilah kondisi air sungai bengawan solo, yang melintasi kawasan kracakan, di desa payaman, kecamatan ngeraho, kabupaten bojonegoro pada kamis siang.

Air sungai yang mengalir deras ini terlihat berwarna hitam atau merah kehitaman. Menurut warga setempat, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak 2 hari terahir.

Padahal, biasanya air sungai terpanjang di pulau jawa ini tidak separah ini. Warga menduga, bengawan solo mendapat limpahan limbah dari kawasan hulu jawa-tengah.

Menurut ahmad, salah satu warga yang memancing di lokasi. Air tersebut berubah warna secara tiba-tiba dengan warna hitam kemerahan.

Atas kondisi ini, warga mengaku resah. Pasalnya, air bengawan solo ini juga digunakan untuk mengaliri lahan pertanian, dan memancing. Bahkan perusahaan daerah air minum, atau pdam juga menggunakan air sungai sebagai bahan baku.