Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, July 18, 2020, 16:01 WIB
Last Updated 2020-07-18T09:04:14Z
Pojok PituViewer

Geliat Budidaya Bonsai Kelapa Beromzet Jutaan



MAGETAN - Hobby yang ditekuni selalu membawa berkah. Seperti yang dilakukan oleh warga magetan, yang hoby membudidaya bonsai kelapa, yang akhirnya menghasilkan jutaan rupiah perbulannya. Pemasarannya masih lokal magetan.


Pekerjaannya, sebagai tukang bangunan. Namun sutimin, warga desa klagen gambiran kecamatan maospati, kabupaten magetan ini , juga memiliki hobby budidaya bonsai pohon kelapa.

Awalnya sih coba-coba sambil mengisi waktu luang. Namun siapa sangka, usaha yang ditekuni sejak setahun yang lalu ini, terus mengalami kemajuan dan banyak peminatnya.

Semua pekerjaan dilakukan di rumahnya. Ia membudidaya menggunakan bibit kelapa sayur, kelapa gading orange, dan kelapa gading kuning. Setelah kelapa berusia 4 bulan, kemudian tanaman tersebut mulai dibentuk seperti kura-kura, bola, burung hantu, petani, semut, tawon dan burung. Agar terlihat indah dan menarik, bonsai kelapa tersebut dicat dan diberi batu warna-warni di dalam pot.

Setiap satu bonsai kelapa, mulai dijual antara 300 ribu hingga 500 ribu rupiah perbijinya, tergantung bentuk dari bonsai itu sendiri. Dari hobynya ini, sutimin mampu meraup omzet hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Menurut, sutimin, proses pembuatannya tidak terlalu sulit. Dimulai mencari bibit kelapa yang sudah tua, yang dimasukkan ke plastik, hingga muncul tunas. Setelah muncul tunas, bibit kepala dipindah ke botol air mineral hingga tumbuh daun, lalu dipindahkan ke dalam pot.

Sementara ini, pemasarannya hanya lokal magetan saja. Dari mulut ke mulut, atau dipasarkan melalui online.