Iklan

jtvbojonegoro
Friday, August 21, 2020, 14:12 WIB
Last Updated 2020-08-21T07:12:37Z
TubanViewer

Festival Layang-Layang Jadi Hiburan Di Tengah Pandemi


TUBAN - Naga terbang, gatotkaca, hingga celana dalam, beradu pesona di langit kabupaten tuban. Layang-layang unik tersebut, datang dari berbagai penjuru tanah air untuk memeriahkan hari kemerdekaan republik indonesia ke-75. Ajang nasional itu menjadi hiburan bagi warga yang telah bosan tanpa kegiatan selama pandemi covid-19.

Suasana berbeda terlihat di lapangan desa beji, kecamatan jenu, kabupaten tuban, kamis siang. Ribuan warga tumpah ruah melihat festival layang-layang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah desa setempat.

Ratusan layang-layang berbentuk unik, terlihat menghiasi langit desa setempat. Diantaranya naga terbang, kuntilanak, gatotkaca, hingga celana dalam wanita. Seluruh layang-layang ini berusaha menebar pesona juri serta pengunjung festival layang-layang 2020.

Tak hanya diikuti penghobi layang-layang lokal tuban, peserta juga datang dari berbagai penjuru tanah air. Diantaranya bali, cilacap, jawa tengah, blitar, serta bojonegoro.

Festival layang-layang ini digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan republik indonesia ke-75. Ajang nasional ini sekaligus menjadi hiburan bagi warga yang telah bosan tanpa kegiatan selama pandemi covid-19.

Selain beradu pesona untuk mencari pemenang, kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi penghobi layang-layang. Selain itu  banyak muncul penghobi serta pengrajin layang-layang lokal.

Penilaian dalam festival ini dititik beratkan pada artistik atau keindahan layang-layang, dan kestabilannya, mulai saat proses diterbangkan, selama terbang, hingga diturunkan.