Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, August 1, 2020, 14:09 WIB
Last Updated 2020-08-01T08:14:05Z
Pojok PituViewer

Petugas Periksa Daging Kurban, Temukan Cacing Hati Dan Paru Rusak


MAGETAN - Petugas dari dinas peternakan dan perikanan magetan, menemukan cacing hati saat memeriksa daging kurban di sejumlah lokasi di magetan. Dinas peternakan meminta, organ tubuh yang rusak dibuang karena tidak layak konsumsi.

Tidak hanya sebelum hari raya idul adha, petugas dari dinas peternakan dan perikanan magetan, juga melakukan pemeriksaan hewan kurban saat hendak disemebelih. Petugas berkeliling ke tempat-tempat penyembelihan hewan, yang dikelola oleh warga atau tamkir masjid.

Seperti saat melakukan pengecekan daging kurban di salah satu tempat penyembelihan di kelurahan bulukerto kecamatan magetan kabupaten magetan. Petugas menemukan cacing hati sapi. Juga paru-paru yang rusak. Petugas meminta agar panitia kurban, membuang organ tersebut, karena tidak layak dikonsumsi.

Kepala bidang kesehatan hewan, disnakan magetan, santi trisnawati, yang meninjau langsung di lapangan, menjelaskan, keberadaan cacing hati tidak mempengaruhi kwalitas daging, sehingga daging sapi masih aman dikonsumsi.

Untuk pengecekan daging kurban, ada kurang lebih 29 personel dokter hewan, baik dari dinas atau praktisi, yang diterjukan ke lapangan untuk pemeriksaan daging kurban. Setiap personel atau dokter hewan, bertanggung jawab di beberapa lokasi di kecamatan yang telah ditentukan.

Pemeriksaan daging kurban, sebagai upaya pemerintah, agar daging kurban yang dibagikan ke warga, aman untuk dikonsumsi.