Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Saturday, August 1, 2020, 14:20 WIB
Last Updated 2020-08-01T08:14:53Z
TubanViewer

Tukang Las Kebanjiran Order Bersihkan Bulu Hewan Kurban


TUBAN - Perayaan hari raya idul adha, membawa berkah tersendiri bagi tukang las karbit di kabupaten tuban. Bengkel las yang biasanya melayani perbaikan rangka motor dan mobil. Kini, beralih melayani pembersihan bulu hewan kurban. Dalam dua hari terakhir, puluhan kepala kambing dan sapi hingga kulit hewan kurban milik warga, dibawa ke bengkel las ini, lantaran pelayanannya lebih cepat dan praktis. 

Suasana berbeda terlihat di bengkel las karbit milik yono, di kelurahan panyuran, kecamatan palang, kabupaten tuban, sabtu pagi. Bengkel las yang biasanya melayani perbaikan rangka motor dan mobil. Kini, beralih melayani pembersihan bulu hewan kurban. Kepala kambing dan sapi, hingga bulu hewan kurban, dibawa ke bengkel las ini, untuk dibersihkan bulunya. 

Uniknya, prosesi pelepasan bulu, baik di kepala kambing dan sapi maupun kulit hewan kurban yang dibawa ke tempat ini, tidak menggunakan air panas seperti pada umumnya, melainkan dengan las karbit. Pembersihan bulu hewan kurban ini dinilai lebih cepat, praktis dan efisien. Lantaran hanya membutuhkan waktu kurang lebih lima belas menit saja per kepala.
 
Warga mengaku, sengaja membawa kepala kambing dan sapi hingga kulit hewan kurban ke tempat las karbit ini, lantaran dinilai lebih bersih dan waktu yang dibutuhkan juga tidak lama. Selain itu, warga juga tidak perlu repot-repot merebus kepala kambing dan sapi kurban, hingga mengerok bulunya, yang membutuhkan waktu berjam-jam. Satu kepala hewan kambing, hanya dipatok dua puluh ribu rupiah saja. 
 
Sementara itu, yono, pemilik bengkel las karbit ini mengaku, alih profesi pada hari raya idul adha ini, sudah ia lakukan sejak tujuh tahun lalu. Pembersihan bulu satu kepala kambing, dipatok harga dua puluh ribu rupiah. Sedangkan, untuk kepala sapi dan kulit hewan kurban, dibandrol lima puluh ribu rupiah, hingga tujuh puluh lima ribu rupiah.

Dalam dua hari terakhir, sedikitnya lima puluh kepala kambing dan sapi hingga kulit hewan kurban, telah mendapatkan pelayanannya. Biasanya, alih profesi ini hanya berlangsung selama tiga hari sejak perayaan idul adha. Setelah itu, yono akan kembali bekerja memperbaiki rangka motor dan mobil seperti biasa.