Menu Atas

Iklan

jtvbojonegoro
Friday, August 21, 2020, 15:04 WIB
Last Updated 2020-08-21T08:04:12Z
Pojok PituViewer

Ratusan Hektar Lahan Padi Siap Panen Di Serang Wereng


JOMBANG - Ratusan hektar lahan padi siap panen di jombang rusak di serang hama wereng. Padi yang mulai berbuah ini mengering dan mati. Petani sudah berusaha mengendalikan dengan berbagai obat namun serangan belum bisa dikendalikan. Akibatnya petani terancam gagal panen.

Beginilah kondisi lahan padi yang mulai berbuah di kawasan desa sentul kecamatan tembelang jombang. Tanaman padi menguning dan mati. Sedang buah yang baru keluar mengering dan tidak berisi. Kondisi ini di sebabkan serangan hama wereng yang sudah terjadi sejak sepekan terakhir.
 
Sejumlah petani yang di kordinir pihak desa akhirnya melakukan aksi penyemprotan secara masal. Bantuan obat dari pemerintah digunakan bersama untuk memutus penyebaran hama wereng yang menyerang dengan cepat.
 
Karsan salah satu petani mengaku di kawasan ini ada ratusan hektar lahan padi yang mulai terserang. Hama ini menyerang pangkal padi dan naik ke buah.setelah terserang tanaman langsung menguning dan mati. Hama ini dengan cepat menyebar ke lahan lain,jika tidak segera di tangani. Akibat serangan hama  lahan padinya  terancam gagal panen.
 
Sementara nasutiono kades sentul mengakui di daerahnya dari 250 hektar lahan pertanian,hampir separo sudah mulai terserang hama wereng. Pihak desa berusaha membantu dengan mengorkonisir penyemprotan masal agar hama tidak berpindah tempat saat di semprot. Pasalnya,jika penyemprotan dilakukan tidak bersama hama akan pindah ke lahan lain dan mengakibatkan serangan semakin meluas.
 
Serangan hama wereng ini tidak hanya menyerang petani di desa sentul,sejumlah lahan padi  di desa dan kecamatan di kabupaten jombang juga mengalami kondisi serupa. Serangan hama wereng terjadi secara  pada titik tertentu. Petani berharap ada tindakan nyata dari pemerintah untuk menghindari terjadinya gagal panen lahan petani.