BRAVO

BRAVO

Iklan Gambar

Iklan Gambar
jtvbojonegoro
Monday, September 21, 2020, 15:47 WIB
Last Updated 2020-09-21T09:10:28Z
Kabar ApikViewer

Setia-Negara Kontrak Politik Dusun Makmur, Perdusun Dapat Dana 100-300 Juta Pertahun


KABAR APIK - Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati tuban, Setiajit-Armaya Mangkunegara atau setia-negara. Terus menyapa dan mendengar keluh kesah masyarakat ditingkatan bawah.

Minggu sore, Setiajit menyapa warga lima dusun di desa genaharjo, kecamatan semanding, kabupaten tuban. Kedatangan mantan kepala dinas esdm propinsi jawa timur ini, untuk mensosialisasikan program kontrak politik dusun makmur. Yakni program percepatan pembangunan dusun.

Yang mana, jika pasangan Setiajit-Armaya terpilih menjadi bupati dan wakil bupati tuban pada pilkada 2020. Pasangan ini akan memberikan kucuran dana 100 sampai 300 juta rupiah per dusun setiap tahunnya.

Dana tersebut, nantinya akan digunakan untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui tiga program utama. Yakni pembangunan infrastrktur, pengembangan sumber daya manusia serta pemberdayaan sosial ekonomi.

Mekanisme penggunaan dana dusun makmur tersebut, setiap tahun warga di dusun harus melakukan rapat yang dihadiri oleh mayoritas warga untuk merumuskan kebutuhan dusun selama satu tahun ke depan.

Hasil rapat tersebut, kemudian diajukan kepada pemerintah kabupaten melalui desa dan kecamatan. Berdasarkan program tersebut, pemerintah kabupaten akan mencairkan dana sesuai dengan aspirasi warga dusun tersebut.

Kontrak politik ini ditandatangani di kertas bermaterai oleh perwakilan tokoh masyarakat, 2 orang saksi di tiap dusun, serta bakal calon bupati tuban Setiajit. Kemudian, kontrak politik tersebut juga dicatatkan di notaris.sehingga jika janji politik tersebut diingkari, warga bisa menuntut dan melapor kepada pihak yang berwenang.

 
Menurut Setiajit, APBD tuban tahun 2020 sebesar 2,6 triliun rupiah. Dengan jumlah 886 dusun di tuban. Maka hanya membutuhkan anggaran sebenar 88 miliar rupiah per tahun atau setara 3,8 persen APBD, untuk merealisasikan program dusun makmur ini.

Setiajit yang dinilai sangat berpengalaman di bidang pemerintahan ini menegaskan bahwa. Program ini hanya butuh komitmen dan kemauan kepala daerah.

Sementara itu, program kontrak politik dusun makmur ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat. Warga berharap, kedepan pasangan Setiajit-Armaya mampu membawa perubahan besar di tuban, dengan program-program unggulannya.

Sekedar diketahui, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tuban, Setiajit-Armaya Mangkunegara maju di pilkada tuban 2020 diusung oleh lima partai politik. Masing-masing PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP dan PBB.