BRAVO

BRAVO

Iklan Gambar

Iklan Gambar
jtvbojonegoro
Tuesday, October 6, 2020, 14:15 WIB
Last Updated 2020-10-06T08:06:32Z
Pojok PituViewer

Airnya Menyusut, 15 Embung Tak Berfungsi

Reporter: M. Ramzi

MAGETAN - Belasan embung di kabupaten magetan, sudah tidak bisa berfungsi, karena airnya sudah tidak bisa dialirkan ke areal persawahan. Mengingat karena penyusutan sudah di ambang maksimal. Petani yang bergantung pada embung diharapkan bersabar menunggu turunnya hujan.

Sejumlah embung di kabupaten magetan, sudah mengalami penyusutan akibat musim kemarau ini. Catatan bidang sumber daya air, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang magetan, ada 15 embung di magetan, yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Kabid sda dinas pu pr, yuli iswahyudi, mengatakan. Secara kesuluruhan embung dalam kondisi kritis. Kondisi air sudah dalam tampungan mati, sehingga air yang tersisa sudah tidak bisa dilepas, atau dialirkan karena bisa membahayakan kestabalian embung itu sendiri.

Tidak hanya embung, dua waduk di magetan, yaitu gonggang dan telaga pasir juga mengalami penyusutan yang cukup banyak. Kondisi ini berdampak pada tanaman yang sebagian gagal panen, karena kekurangan air. Sebagaian petani bahkan memilih tidak menanam.

Tahun ini, bidang s-d-a dinas pu pr akan membangun embung kecil di beberapa lokasi, untuk menampung air hujan yang diperkirakan turun pada oktober 2020 ini.