Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Tuesday, October 20, 2020, 15:39 WIB
Last Updated 2020-10-20T08:39:53Z
LamonganViewer

Dapat Hadiah Seribu Per Ekor, Warga Ramai-Ramai Buru Tikus

Reporter: Zulkifli Zakaria

LAMONGAN - Puluhan warga di kabupaten lamongan, menggelar acara gropyok tikus, akibat lahan pertanian milik mereka gagal panen lantaran diserang hama tikus. Sebagai penyemangat, pihak desa memberikan hadiah kepada warga sebesar seribu rupiah, untuk satu ekor tikus yang mereka dapatkan.

Suasana berbeda terlihat di lahan pertanian milik warga desa sukosongo, kecamatan kembangbahu, kabupaten lamongan, senin malam. Warga dan petani setempat, beramai-ramai menangkap tikus sawah atau biasa disebut gropyok tikus.

Kegiatan ini dilakukan, lantaran petani setempat gagal panen, akibat serangan hama tikus yang merajalela pada tahun ini. Dengan gropyok tikus ini, diharapkan hama tikus bisa berkurang.

Dengan membawa peralatan seadanya, mulai dari pentungan, belerang, hingga alat pembasmi tikus. Warga baik tua, muda maupun anak-anak ramai-ramai berburu tikus di areal persawahan setempat.

Sebagai bentuk apresiasi dan penyemangat warga, pihak desa memberikan hadiah sebesar seribu rupiah, untuk satu ekor tikus yang didapatkan warga.

Dengan kegiatan ini, para petani setempat berharap, hama tikus di lahan pertanian desa setempat dapat berkurang. Sehingga saat musim tanam nantinya, mereka tidak kembali merugi akibat serangan hama tikus.