Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, November 23, 2020, 14:28 WIB
Last Updated 2020-11-23T08:44:28Z
BojonegoroViewer

Cuaca Ekstrim, Warga Dihimbau Waspada Pohon Tumbang

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang, kerap melanda wilayah kabupaten bojonegoro, terutama dalam waktu sepekan terakhir ini. Kondisi ini sebagaimana yang terpantau pada minggu sore kemarin. Hujan deras disertai angin kencang, menerjang wilayah desa banjarejo, sambongrejo, dan wotan, kecamatan sumberrejo, bojonegoro.

Tiupan angin kencang, tak hanya membuat warga sekitar panik. Namun juga menyebabkan sedikitnya 12 rumah mengalami kerusakan sedang hingga ringan. Kerusakan rata-rata  terjadi dibagian atap dan genting yang jatuh tersapu angin.
 
Selain itu, kuatnya terjangan angin, juga menumbangkan sejumlah pohon besar yang ada di sejumlah titik ruas jalan desa dan kecamatan di wilayah setempat. Salahsatunya di ruas jalan utama desa banjarejo, yang menghubungkan kecamatan sumberrejo menuju kecamatan kedungadem.

Pohon besar sejenis mahoni, tumbang hingga menutup badan jalan. Meski tak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka. Namun, tumbangnya pohon ini, sempat menghambat aktifitas warga, terutama para pengendara yang melintasi  jalur ini. Arus lalu lintas, baru kembali normal sejam kemudian, setelah para petugas damkar terjun ke lokasi untuk mengevakuasi pohon yang tumbang ke tepi jalan.

Meski tak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun, untuk mengantisipasi kejadian serupa, warga dihimbau tetap waspada, terutama saat beraktifitas atau sedang berkendara di jalan raya.

Kasatlantas polres bojonegoro, AKP heru sudjio berharap warga lebih waspada serta mengutamakan keselamatan menghadapi fenomena cuaca ekstrim ini.

Selain pohon tumbang, ketika hujan deras, warga maupun pengendara juga diminta waspada terhadap genangan air yang menutup badan jalan. Jika kebetulan dalam perjalanan, ada baiknya berhenti dan berteduh di tempat yang lebih aman.