Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Monday, November 16, 2020, 14:32 WIB
Last Updated 2020-11-16T08:38:14Z
BojonegoroViewer

Harga Bawang Merah Tembus 40 Ribu Rupiah Perkilogram

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Memasuki musim penghujan seperti saat ini, membuat sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga, salah satunya adalah bawang merah, seperti yang terjadi pasar kota bojonegoro. Komoditas bahan pokok bawang merah mulai mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir, bahkan saat ini harga bawang merah berkisar hingga 40 ribu rupiah per kilogramnya.

Salah satu pedagang di pasar tradisional kota bojonegoro, hj sum mengaku, naiknya harga bawang merah terjadi sudah sekitar 10 hari lalu, ia menilai, kendala pasokan menjadi penyebab utamanya, lantaran saat ini sudah memasuki musim penghujan yang berdampak terhadap mulai beralihnya petani bawang merah ke tanam padi.

Pedagang yang berasal dari kelurahan ledok wetan,kecamatan kota, kabupaten bojonegoro itu menjelaskan, dirinya mendapatkan pasokan bawang merah dari kabupaten nganjuk. Bahkan disana juga mulai terjadi kelangkaan lantaran saat bukan musim tanam bawang merah.

Tak hanya bawang merah, komoditas pokok lainya, yaitu bawang putih dan cabai rawit juga mulai mengalami kenaikan, untuk bawang putih saat ini mencapai 24 ribu rupiah per kilogramnya, yang sebelumnya hanya kisaran 17 ribu rupiah hingga 18 ribu rupiah per kilogram, sedangkan untuk harga cabai rawit saat ini menjadi 30 ribu rupiah per kilogramnya, yang sebelumnya hanya 20 ribu rupiah per kilogram.