Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Thursday, November 19, 2020, 15:40 WIB
Last Updated 2020-11-19T08:50:40Z
Pojok PituViewer

Kantor Balai Desa Mirip Istana Merdeka

Reporter: Edwin Adji
 
PACITAN - Inilah bangunan pemerintahan desa dadapan kecamatan pringkuku, kabupaten pacitan, yang di bangun diatas lahan seluas kurang lebih 30x50 meter persegi. Desain balai desa ini di buat mirip gedung istana merdeka di jakarta. Sama halnya dengan istana merdeka, dibagian depan ini terpancang enam tiang beton, serta di kanan kirinya terdapat bangunan kecil. Bahkan, diatas bagian gedung terdapat lambang burung garuda serta bendera merah putih.

Untuk masuk kebagian beberapa ruangan yang ada di gedung ini,masyarakat harus menaiki 17 anak tangga yang semuanya sengaja di desain mirip di istana merdeka. Kemiripan inilah yang mengundang daya tarik masyarakat untuk datang ke balai desa,hanya untuk sekedar bersua foto, seolah-olah mereka pernah datang di istana kepresidenan di jakarta.

Untuk pembangunanya di butuhkan biaya yang tidak sedikit untuk ukuran desa, yakni mencapai hampir 200 juta rupiah. Dana itu diperoleh dari alokasi dana desa , ditambah dengan dana dari swadaya masyarakat ,pasca bangunan balai desa terdampak pelebaran jalan pacitan-solo.

Balai desa yang mirip istana merdeka ini, dibangun sejak  tahun 2015 lalu, dan saat ini sudah ditempati. Sehingga desa dadapan yang sebelumnya termasuk desa tertinggal di pacitan kini tengah mengalami kemajuan yang cukup pesat, yang ditunjang dengan objek wisata sentono gentong dan juga gedung balai desa yang menyerupai isana kepresidenan yang saat ini menjadi ikon desa dadapan.