Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 21 November 2020, 14:29 WIB
Last Updated 2020-11-21T08:43:40Z
LamonganViewer

Kerajinan Kreatif, Sepeda Balap Dan Gunung Berbahan Bambu

Reporter: Ken Ibrahim Sakti

LAMONGAN - Inilah sepeda bambu karya sujarwo, warga desa mungli, kecamatan kali tengah, kabupaten jawa timur.dua unit sepeda model balap dan mtb ini terlihat di halaman rumahnya desa setempat.
 
Dari jauh terlihat seperti sepeda pada umumnya. Namun, saat dilihat dari dekat, frame atau kerangka sepeda balap dan mtb ini, terbuat dari bambu.
 
Uniknya, bambu yang digunakan oleh pria lulusan sma ini, adalah bambu lanang atau bongkotan bekas yang tidak terpakai.
 
Oleh sujarwo, bongkotan ini dipotong kemudian dirakit atau dirangkai menjadi sepeda bambu yang eksotis dan memiliki nilai jual tinggi.
 
Selain banyak lahan pohon bambu, sujawro membuat sepeda bambu, pasalnya terinspirasi atau terilhami banyaknya bambu bekas proyek bangunan di desanya yang tidak terpakai.
 
Sepeda bambu buatannya sujarwo dijamin kuat dan tahan lama, pasalnya rangkanya terbuat dari bongkotan lanang dan tua.
 
Hobi bersepeda yang membuat sujarwo tertantang menciptakan sepeda bambu, berbekal keuletan dan pengalaman melihat sepeda bambu di you tube, sujawro kemudian membuat sepeda balap untuk dipakai sendiri.
 
Sepeda bambu balap warna biru, merupakan karya pertama. Setelah diunggah di media sosial, banyak yang melirik dan minta dibuatkan. Sepeda bambu karya sujarwo ini diberi nama bamboobike svargalhoka, tipe dan jenis seperti mtb, fixie dam road bike atau sepeda balap.
 
Proses pembuatan secara manual, sebelum dirakit bahan baku dijemur terlebih dahulu. Merakit hingga finishing satu unit sepeda bambu membutuhkan waktu tujuh sampai 10 hari.
 
Proses yang paling rumit memasang kabel rem, pasalnya, kabel rem harus dimasukan ke dalam kerangka bambu.harga sepeda bambu in bervareasi, ada yang tiga juta, lima juta, enam juta, 8 juta rupiah hingga 10 juta rupiah.
 
Saat ini sepeda bambu karya sujarwo sudah mulai dilirik dan diminati. Bahkan, sudah ada warga yang pesan lima unit sepeda bambu karya sujarwo.