Iklan

jtvbojonegoro
Tuesday, November 24, 2020, 09:05 WIB
Last Updated 2020-11-24T02:05:06Z
Kabar ApikViewer

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Di Desa Pandanagung, Soko, Kab. Tuban

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Dengan Tokoh Masyarakat

KABAR APIK - Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, Anggota Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, H. Abidin Fikri, S.H., M.H bersama masyarakat Desa Pandanagung menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kec. Soko, Kab. Tuban, Senin (23/11/2020).

Wakil ketua DPRD Tuban, sekaligus ketua DPC PDI Perjuangan, Andhi Hartanto dalam sambutannya mengatakan bahwa Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara, fondasi dan pandangan hidup negara Indonesia. Tantangan saat ini adalah bagaimana mengimplementasikan Pancasila ke dalam tiap kebijakan negara, di level nasional maupun daerah.

Sementara itu, H. Abidin Fikri, S.H.,M.H. menjelaskan bahwa saat ini Pancasila tengah berada dalam ancaman eksternal dan internal. "Ancaman eksternal yaitu degradasi ideologi dengan masuknya ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, NKRI dan Kebhinekaan, yaitu Khilafah Islamiyah dan Liberalisme. Ancaman internal dapat kita lihat dari maraknya berita hoax atau berita bohong yang bermaksud mengadu domba bangsa Indonesia," terang Abidin di hadapan ratusan peserta.

Di akhir paparannya Abidin menjelaskan "kenapa kita mesti benar-benar memahami Pancasila dan tidak meninggalkan sejarah kelahirannya, agar kita dapat menangkal ancaman terhadap Pancasila, sehingga Kebhinekaan dan NKRI tetap utuh dan Bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang maju," tegas Abidin.