Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Monday, November 16, 2020, 15:34 WIB
Last Updated 2020-11-16T08:51:55Z
Kabar ApikViewer

Toeban Batik & Culinary Meriahkan Rangkaian Hari Jadi Tuban Ke-727

Reporter: Khusni Mubarok

KABAR APIK - Berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakkan hari jadi tuban ke-727. Salah satunya kegiatan dengan tema the journey of toeban yang digelar di pendopo krido manunggal tuban, pada sabtu malam 14 november 2020 kemarin.

Dalam kesempatan ini, bupati tuban fathul huda bersama istrinya qodiriyah, serta wakil bupati tuban noor nahar hussein, sekretaris daerah tuban budi wiyana dan ketua dprd tuban miyadi, datang ke lokasi acara menggunakan angkutan wisata angkling.

Sesampainya di lokasi acara, rombongan bupati tuban disambut para pemuda yang menginisiasi acara ini. Bupati diberikan kejutan kue ulang tahun hari jadi tuban ke 727. Selanjutnya, bersama rombongan, bupati dua periode ini melihat langsung hasil produksi umkm, baik produksi batik maupun aneka jajanan atau makanan khas tuban.
 
Pameran ini, melibatkan kalangan komunitas pemuda selebgram, empat puluh usaha mikro, kecil, menengah, serta pegiat seni dan pariwisata. Diharapkan dengan adanya kreatifitas dari pemuda milenial ini, produk umkm serta destinasi wisata ini dapat di kenal khalayak luas, sehinggga roda perekonomian kembali berjalan, setelah sempat tersendat akibat pandemi covid-19. Dalam kegiatan pameran toeban batik and culinary ini, juga gelar drama jakavlog, batik fashion dan talkshow umkm.

Terkait kegiatan ini, ketua pelaksana the journey of toeban, irhamni mengungkapkan. Digelarnya batik virtual dan tuban culinary virtual karena perayaan hari jadi tuban di tengah pandemi covid-19. Hal ini dilakukan agar umkm seperti kuliner dan batik khas tuban tetap berjalan di tengah pandemi. Untuk membantu pemasaran, pihaknya juga melibatkan selebgram, sehingga kuliner dan batik tuban bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Sementara itu, bupati tuban fathul huda menyampaikan apresiasi pada penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan generasi muda. Menurutnya, keterlibatan pemuda menjadi harapan baru dan potensi unggul yang dimiliki bumi wali.

Karenanya, pemuda tuban diharapkan terus berinovasi menghadapi tantangan jaman. Selain itu, bupati juga mengintruksikan agar instansi terkait mendukung pemasaran sektor usaha maupun bisnis yang ada, serta pengenalan potensi tuban dapat memanfaatkan perkembangan teknologi. Sehingga dapat mendukung roda gerak perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di tengah pandemi covid-19 ini.

Rangkaian perayaan hari jadi tuban ke-727 ini, dinilai bupati adalah termeriah dibanding tahun-tahun sebelumnya, meski dilaksanakan pada masa pandemi covid-19.