Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, December 25, 2020, 15:12 WIB
Last Updated 2020-12-25T09:18:54Z
Pojok PituViewer

Jemaat Misa Natal GKJW Tidak Terima Warga Luar Daerah

Reporter: Saiful Mualimin

JOMBANG - Sebelum mengikuti misa natal, seluruh jemaat gereja kristen jawi wetan harus menjalani pemeriksaan petugas gugus covid 19. Petugas memeriksa suhu tubuh hingga kartu pendaftaran yang harus dibawa sebelum masuk. Saat suhu tubuh normal maka jemaat langsung masuk ke lokasi yang sudah ditentukan.
 
Di dalam gereja, ritual kegiatan juga dilakukan secara singkat. Jika sebelumnya ada treatrikal panjang, tahun hanya dilakukan pendek. Termasuk peralatan gending jawa yang menjadi ciri khas iringan musik juga ditiadakan.
 
Pendeta muryo jayadi mengakui, seluruh persiapan perayaan misa natal sudah dilakukan sesuai protokol kesehatan. Termasuk kapasitas gedung 600 hanya diisi separo. Seluruh jemaat hanya warga sekitar yang setiap hari tinggal di sekitar gereja. Untuk jemaat luar kota tidak diperkenankan untuk pulang apalagi mengikuti misa.

Panitia menyediakan siaran langsung untuk jemaat yang berada di rumah atau berada diluar kota. Di tahun ini, misa sengaja digelar dalam keprihatinan dengan harapan wabah bisa segera hilang dan kehidupan kembali normal seperti sediakala.