Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Saturday, January 9, 2021, 14:24 WIB
Last Updated 2021-01-09T08:08:47Z
TubanViewer

Lima Kecamatan Di Tuban Diterjang Banjir Bandang

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Seperti terekam dalam video amatir warga, masjid desa temayang, kecamatan kerek, kabupaten tuban, jumat malam, berubah bak masjid terapung. Air bercampur lampur mengalir deras mengepung masjid, hingga membuat aktifitas ibadah terganggu.

Banjir bandang ini terjadi, setelah hujan deras mengguyur wilayah tuban selama lebih dari empat jam. Tak hanya kecamatan kerek, banjir bandang juga menerjang empat kecamatan lain di tuban. Diantaranya merakurak, plumpang, tuban kota serta kecamatan semanding.

Kondisi terparah salah satunya terjadi di desa bektiharjo kecamatan semanding, tuban. Disini, banjir merendam tempat wisata, jalan antar kecamatan dan desa, serta puluhan rumah warga dan lahan pertanian hingga ketinggian lebih dari 1 meter.

Akibatnya, aktifitas warga terganggu. Sementara itu, warga yang rumahnya terendam banjir, mengevakuasi barang mereka ke tempat yang lebih aman. Banjir ini, biasanya akan surut beberapa jam kemudian, sehingga warga tidak mengungsi.

Menurut suryanto, ketua RT di desa bektiharjo, banjir bandang ini merendam sedikitnya 25 rumah yang ada dibantaran sungai desa setempat.

Sementara itu, banjir juga melanda desa prunggahan kulon, kecamatan semanding, tuban. Puluhan rumah warga dan jalan antar desa juga terendam banjir. Banjir ini terjadi akibat hujan deras yang membuat sungai di desa setempat meluap.