Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Saturday, January 16, 2021, 15:35 WIB
Last Updated 2021-01-16T09:29:04Z
LamonganViewer

Petani Terdampak Banjir Lamongan Diusulkan Dapat Asuransi

Reporter: Zulkifli Zakaria

LAMONGAN - Para petani di tujuh belas kecamatan di kabupaten lamongan, yang terdampak banjir, diusulkan akan menerima asuransi pertanian. Sebelum pencairan asuransi ini, pihak bpbd lamongan akan bekerjasama dengan pihak dinas tanaman pangan dan holtikultura.

Menurut muslimin, kasi tanggap darurat bpbd lamongan, petugas akan melakukan pendataan berapa jumlah pasti sawah yang saat ini terendam banjir dan berapa petani yang sudah ikut dalam asuransi pertanian tersebut. Asuransi ini, akan diberikan kepada para petani yang saat ini ikut dalam asuransi pertanian.

Sementara itu, menurut kartolo kepala desa madu legi, kecamatan sukodadi lamongan, pihaknya telah mengajukan asuransi kepada dinas terkait adanya ratusan sawah milik para petani di desanya yang gagal panen akibat banjir.

Asuransi pertanian ini, akan diberikan kepada para petani yang saat ini telah ikut asuransi pertanian. Dimana dalam setiap satu bulannya, petani membayar uang asuransi sebesar seratus delapan puluh ribu rupiah. Namun, karena ada subsidi dari pemeritah sebesar seratus empat puluh empat ribu. Maka, petani hanya membayar tiga puluh enam ribu perbulannya.adapun besarnya asuransi yaitu enam juta per hektar.