Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, January 29, 2021, 16:30 WIB
Last Updated 2021-01-29T09:30:28Z
TubanViewer

Popok Bayi Dan Limbah Rumah Tangga Cemari Pantai Tuban


TUBAN - Pemandangan tidak sedap terlihat sepanjang pantai utara desa sugihwaras, kecamatan jenu, kabupaten tuban, kamis siang. Daratan sepanjang hampir lima ratus meter ini berubah menjadi bak penampungan sampah raksasa.
 
Sejauh mata memandang, pemandangan indah hamparan pasir putih telah hilang tertutup sampah. Ironisnya, sampah didominasi limbah rumah tangga, berupa popok bayi dan kantong plastik, yang berpotensi membawa bakteri.
 
Sampah sengaja dibuang oknum tak bertanggung jawab secara sembarangan. Selanjutnya sampah terbawa aliran sungai yang bermuara di kawasan pantai. Bahkan tak jarang pengendara motor melempar bungkusan plastik berisi sampah, lalu pergi tanpa dosa.
  
Pencemaran sampah ini dikeluhkan nelayan tradisional, karena mengganggu proses pencarian ikan. Jaring yang mereka tebar kerap hanya mendapat sampah, tanpa ada satupun ikan. Akibatnya, jaring rusak.
  
Kondisi serupa juga terjadi di beberapa titik pantai sepanjang wilayah kabupaten tuban. Selain upaya pembersihan dari pemerintah daerah, masyarakat juga diharapkan sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.