Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Saturday, January 9, 2021, 16:02 WIB
Last Updated 2021-01-09T09:13:12Z
TubanViewer

Tanggul Jebol, 600 Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Hingga sabtu siang, para petani dibantu petugas bpbd kabupaten tuban, masih bersiaga dan terus berjaga di sekitar tanggul darurat yang ada di desa magersari, kecamatan plumpang, kabupaten tuban.

Tanggul ini jebol sepanjang lima belas meter pada jumat malam, setelah tak kuat menahan debit air akibat curah hujan yang tinggi. Jebolnya tanggul ini, menyebabkan tanaman padi yang terendam banjir meluas, hingga 600 hektar tersebar lima desa.
 
Lima desa tersebut masing-masing desa magersari, bandungrejo, klotok, kedungsoko dan penidon, kecamatan plumpang, tuban. Akibat kejadian ini, para petani di lima desa tersebut terancam gagal panen. Jika banjir ini tak segera surut, bisa dipastikan, tanaman padi akan rusak dan membusuk.

Selain merendam lahan pertanian, banjir ini juga merendam akses jalan antar desa, sehingga membuat aktifitas warga terganggu. Warga yang nekat melintas banjir harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok banjir.
 
Sementara itu, kepala desa magersari, mohamad widardi,mengatakan, jebolnya tanggul avur ini, karena tingginya curah hujan selama sepekan terakhir. Akibatnya, tanggul sungai avur ini, jebol sepanjang lima belas meter.