Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, January 18, 2021, 16:04 WIB
Last Updated 2021-01-18T09:23:32Z
TubanViewer

Teror Anjing Liar, Mangsa Puluhan Ternak Di Tuban

Reporter: Khusni Mubarok

TUBAN - Seperti terekam dalam video amatir warga, terlihat bangkai kambing bergelimpangan di tanah dengan gigitan pada leher dan isi perut terburai. Kambing-kambing yang tewas ini adalah milik amu, warga desa klutuk, kecamatan tambakboyo, kabupaten tuban. Pagi tadi, amu kaget ketika mendapati kambing-kambing yang ada di kandangnya tewas dengan luka mengenaskan.
 
Dari delapan belas ekor kambing yang dirawat amu, sebanyak tiga belas mati mengenaskan. Sementara lima ekor lainnya berhasil selamat, namun mengalami luka bekas gigitan pada bagian kaki dan puting. Selanjutnya, bangkai kambing dikubur tak jauh dari kandang.
 
Menurut amu, kematian massal kambing ini diduga disebabkan serangan anjing liar. Dalam setahun terakhir, amu mengaku kandangnya telah dua kali disatroni kawanan anjing liar. Bahkan, sebelumnya empat ekor kambing mati dimangsa.
 
Sementara menurut ratno, peternak kambing lain. Teror anjing liar sudah berlangsung beberapa tahun terakhir. Hewan lapar ini telah memangsa puluhan kambing dan domba warga yang berada di tiga desa. Diantaranya desa klutuk, desa cokrowati, dan desa dasin, kecamatan tambakboyo, tuban. Namun, upaya warga untuk memburunya selalu gagal.
 
Maraknya teror anjing liar membuat warga peternak kambing maupun domba mulai meningkatkan kewaspadaan. Mereka berencana akan membuat pagar kandang lebih tinggi dan melakukan penjagaan pada malam hari.