Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, February 10, 2021, 15:23 WIB
Last Updated 2021-02-10T08:23:13Z
BojonegoroViewer

Disnakkan Siapkan 900 Ribu Benih Ikan Tawes Dan Nila Untuk Ditebar

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Pemerintah kabupaten bojonegoro melalui dinas peternakan dan perikanan terus melakukan pengembangan ikan air tawar. Rencananya, pada tahun ini sekitar 900 ribu benih ikan tawes dan nila akan ditabur di berbagai tempat di kabupaten bojonegoro.

Sekretaris disnakkan kabupaten bojonegoro, imam suprayogi mengatakan. Penebaran ikan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, khususnya dari ikan air tawar dan untuk memenuhi kebutuhan gizi serta mencegah terjadinya gizi buruk di masyarakat.

Ikan yang akan diterbar ialah ikan tawes dan nila, lantaran kedua ikan tersebut pemakan tumbuhan, sehingga perawatannya lebih mudah dan masyarakat tidak perlu memberikan makanan. Nantinya, untuk ikan tersebut bakal ditebar di embung, waduk, kali dan bengawan solo.

Program penebaran benih ikan itu juga bertujuan untuk pengoptimalan embung yang berada didesa-desa, yang sebelumnya hanya digunakan untuk mengairi sawah. Selain itu, juga untuk menjaga ekosistem yang ada diperairan tersebut, baik dikali, waduk dan bengawan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar lokasi penebaran benih ikan agar dapat menjaga kelangsungannya dengan tidak menangkap ikan menggunakan racun dan disetrum. Untuk mengatasi hal tersebut, disnakkan juga telah membentuk tim disemua wilayah untuk memberikan pemahaman agar tidak menangkap ikan menggunakan setrum dan racun.

Diketahui, pada tahun 2020 lalu, disnakkan juga telah menyebar bibit ikan sebanyak 800 ribu ekor ikan yang disebar diwaduk, embung, kali hingga bengawan solo. Sementara hingga saat ini sudah ada 25 desa yang mengajukan proposal permintaan benih ikan.