Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Wednesday, February 10, 2021, 15:17 WIB
Last Updated 2021-02-10T08:17:57Z
BojonegoroViewer

Sulap Halaman Rumah Jadi Istana Ribuan Ikan Cupang

Reporter: Samsul Alim

BOJONEGORO - Bisnis ikan cupang di kabupaten bojonegoro, saat ini bisa dikatakan sangat menggiurkan. Bagaimana tidak di saat usaha-usaha lain banyak yang terpuruk akibat pandemi covid-19, usaha penjualan ikan cupang justru meroket.

Budidaya ikan cupang tersebut salah satunya dilakukan oleh didik setiawan, warga kelurahan banjarejo, kecamatan kota, kabupaten bojonegoro. Ia mengaku menekuni usaha budidaya ikan cupang pada awal tahun 2020, semenjak pandemi covid-19 merebak ditanah air.

Sebelum membudidayakan ikan cupang, dirinya sempat menganggur lantaran usaha yang ia geluti sebelumnya, yaitu beternak burung love bird tidak begitu menghasilkan, lantaran harga burung mengalami anjlok. Sehingga ia memutuskan untuk beternak ikan cupang.

Namun, tak disangka, budidaya ikan cupang ini justru sukses dan kian menjanjikan. Padahal, awalnya ia hanya iseng dengan memelihara lima pasang ekor ikan cupang. Namun, saat ini didik setiawan telah memiliki sekitar 4.000 ekor ikan cupang.

Ikan cupang berjenis giant tersebut, ia jual seharga 20 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah perekornya, tergantung keindahan coraknya. Cupang giant sendiri, memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang lainnya, jenis ini memiliki ukuran mencapai 7-15 cm. Selain memiliki warna yang bagus juga bersifat agresif bila melihat ikan lain yang memasuki wilayahnya.

Ikan cupang yang pada awalnya dipelihara hanya untuk hobi saja, namun saat ini sudah berubah menjadi ikan hias yang cukup memanjakan mata bila memandang keunikan warnanya. Dari tempat pembudidayaan milik didik, ikan-ikan cupang yang dikembangnya banyak diburu oleh pecinta ikan cupang, tak hanya dari bojonegoro saja.

Masa pandemi covid-19 hingga saat diterapkan adaptasi kebiasaan baru (akb), kata didik, memang memaksa masyarakat untuk tidak terlalu banyak beraktivitas diluar rumah, sehingga untuk mengisi aktivitas didalam rumah, banyak warga yang memilih memelihara ikan hias termasuk jenis ikan cupang.

Dari hasil budidaya ikan cupang yang ia geluti, kini dirinya bisa mendapatkan rp3 juta sampai rp4 juta setiap bulanya.