Iklan

jtvbojonegoro
Thursday, February 25, 2021, 14:28 WIB
Last Updated 2021-02-25T07:28:17Z
BojonegoroViewer

Dispertan Mencatat, Ratusan Hektare Tanaman Padi Diserang Hama Wereng

BOJONEGORO - Ratusan hektare tanaman padi di kabupaten bojonegoro rusak di serang hama wereng, berdasarkan data dari dinas ketahanan dan pertanian kabupaten bojonegoro, pada masa tanam bulan oktober sampai dengan bulan februari ini ada 81.535 hektare. Sedangkan 320.5 hektare sawah rusak akibat diserang oleh hama wereng.

Kasi perlindungan tanaman dan sarana dkpp kabupaten bojonegoro, susana mengatakan, serangan paling luas terjadi di kecamatan kapas, dengan luas lahan sawah padi sebanyak 213 hektare, sementara untuk luas waspada sebanyak 1.184 hektare, terbagi dalam 13 kecamatan.

Susana menambahkan, terjadinya kemarau basah (la-nina) yang menyebabkan suhu naik 1,9 derajat celcius dan kelembaban naik 25%, menjadi penyebab penyebaran hama wereng di kabupaten bojonegoro sangat cepat dan meluas.

Menyikapi pengendalian hama wereng di kabupaten bojonegoro, dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten bojonegoro telah memberikan bantuan pestisida sebagai stimulan kepada para petani terdampak.

Sebagai upaya mengantisipasi munculnya serangan hama wereng yang semakin meningkat, dinas ketahanan pangan dan pertanian kabupaten bojonegoro menghimbau untuk melakukan jeda tanam dengan waktu minimal 1 bulan dengan kondisi lahan sudah terolah untuk memutus siklus hidup hama tersebut.