Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, February 5, 2021, 16:31 WIB
Last Updated 2021-02-05T09:31:03Z
Pojok PituViewer

Rumah Tergenang Banjir, Puluhan Warga Di Jombang Mengungsi

Reporter: Saiful Mualimin

JOMBANG - Derasnya air yang masuk ke rumah rumah di desa gondang manis, kecamatan bandarkedungmulyo, jombang, membuat warga khawatir. mereka berusaha menyelamatkan barang-barang yang bisa dibawa pasalnya  banjir semakin tinggi.
 
Sejak banjir terjadi pagi hari, air mulai masuk ke permukiman pukul 3 dan satu jam berikutnya telah mulai masuk rumah. bahkan di sejumlah lokasi, arus  air yang masuk rumah warga  banjir cukup deras.  
 
Ahmad salah satu pengungsi mengatakan khawatir air semakin tinggi, sehingga memilih mengunsi di balai desa. meski dengan alas dan perlengkapan tidur seadanya, warga merasa aman. warga tidak menyangka banjir akan merendam rumah mereka, sebab selama belasan tahun belum pernah banjir sebesar ini.
 
Sementara jalur utama jurusan surabaya-madiun tepatnya di desa gondangmanis kecamatan bandarkedungmulyo, masih dilanda banjir. bahkan ketinggian air semakin naik. dampaknya, kendaraan yang lewat harus menerobos banjir sepanjang sekitar 100 meter.
 
Ridwan salah satu warga mengakui sejak siang hari, ketinggian air di jalan utama ini sekitar 50 sentimeter. namun setelah malam tiba ketinggiannya terus naik.
 
Banjir terjadi akibat jebolnya tanggul sungai konto sebanyak tiga titik. air sungai konto meluap disebabkan curah hujan yang tinggi di hulu sungai konto, wilayah kabupaten kediri. banjir melanda lima desa di kecamatan bandarkedungmulyo dengan ketinggian air bervariasi.  .