Iklan

Redaksi JTV Bojonegoro
Thursday, February 11, 2021, 15:08 WIB
Last Updated 2021-02-11T08:08:40Z
TubanViewer

Tanggul Dan Badan Jalan Pantura Tuban Ambrol, 5 Warung Rusak


TUBAN - Seperti inilah kondisi tanggul penahan ombak di sepanjang jalur pantura daendels desa kradenan, kecamatan palang, kabupaten tuban, kamis pagi. Tembok beton yang memisahkan laut dan daratan ini ambrol setelah diterjang gelombang laut pasang.
 
Hilangnya pelindung tunggal ini, menyebabkan beberapa titik badan jalan mengalami amblas. Total mencapai panjang sekitar seratus lima puluh meter, dengan kedalaman mencapai dua meter. Untuk mengantisipasi jatuh korban, warga memasang penghalang agar tidak digunakan kendaraan parkir.
 
Kondisi ini, membuat lima bangunan warung rusak, dan dua diantaranya nyaris ambruk. Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian pondasi dan lantai yang hilang terkikis air laut. Beruntung warung tidak ditempati tidur, sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.
 
Sementara itu, warga hanya dapat berharap agar ambrolnya tanggul beton dan amblasnya badan jalan, dapat segera diperbaiki, agar tidak meluas hingga ke jalan. Gelombang tinggi ini, membuat warga takut, lantaran pada saat malam hari, gelombang tersebut hingga naik di jalan raya.
 
Abrasi serupa terjadi hampir merata di wilayah pesisir sepanjang jalur pantura tuban-gresik. Apabila tidak segera dilakukan penanganan, abrasi dikhawatirkan semakin meluas hingga menggerus jalan raya.