Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, March 4, 2021, 13:00 WIB
Last Updated 2021-03-04T06:00:41Z
TubanViewer

Harga Cabai Tembus Rp.120.000 Perkilogram, Cabai Busuk Laku Dijual


TUBAN - Sejak sebulan terakhir, harga cabai di sejumlah pasar tradisional kabupaten tuban, terus meroket. Hampir setiap, hari harga komoditas bumbu masak ini mengalami lonjakan harga. Kondisi tersebut salah satunya seperti terpantau di pasar baru tuban, pada kamis pagi. Harga cabai rawit merah terus melambung hingga menembus harga 120.000 rupiah per kilogram.

Mahalnya harga cabai rawit merah dipicu minimnya stok dan pasokan dari petani. Sebab, cuaca buruk dan serangan hama membuat tanaman cabai mengalami gagal panen. Jika biasanya pedagang mendapat kiriman 50 kilogram per hari, maka kini hanya sekitar 10 kilogram saja.

Kondisi sebaliknya terjadi pada konsumsi masyarakat yang mengalami peningkatan. Sehingga untuk memenuhi permintaan pasar, pedagang mengeringkan cabai yang telah busuk. Cabai kering ini laku dijual 50.000 rupiah per kilogram.

Menurut daliyatun, penjual cabai di pasar baru tuban. Harga cabai rawit merah terus mengalami kenaikan secara bertahap sejak sebulan terakhir, hingga menembus harga 120.000 rupiah perkilogramnya. Mahalnya harga, membuat warung-warung langganannya juga membeli cabai busuk atau cabai kering untuk campuran masak.

Selain cabai rawit merah, kenaikan harga juga berlaku pada cabai rawit hijau dan cabai merah besar. Cabai rawit hijau kini dijual 35.000 rupiah per kilogram. Sementara cabai merah besar dijual 50.000 rupiah per kilogram. Padahal harga normal kedua jenis cabai ini berkisar 25.000 rupiah per kilogram.

Para pedagang berharap, pihak terkait bisa mengendalikan harga cabai dan stok cabai, sehingga aktifitas perdagangan cabai bisa berjalan seperti biasa.