Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, March 30, 2021, 16:49 WIB
Last Updated 2021-03-30T09:49:47Z
BojonegoroViewer

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Bumbu Dapur Turun Drastis


BOJONEGORO - Kondisi tersebut, seperti yang terpantau di pasar tradisional kota bojonegoro. Sejumlah komoditas bahan pokok, diantaranya seperti aneka jenis cabe, bawang merah, dan tomat, terus mengalami penurunan harga sejak sepekan terakhir.

Harga cabe merah besar yang sebelumnya sempat melonjak hingga mencapai 90 ribu rupiah perkilogram, saat ini turun drastis menjadi 50 ribu rupiah perkilogram. Sementara cabe besar hijau yang sebelumnya menembus 40 ribu rupiah per kilogram, kini tinggal berkisar 25 ribu rupiah perkilogramnya. Sedangkan cabe rawit yang awalnya mencapai 120 ribu rupiah pekilogram, kini berada dikisaran 80 ribu rupiah tiap kilogramnya.   

Selain itu, penurunan harga juga terjadi pada bawang merah yang turun dari kisaran 35 ribu rupiah perkilogram, kini tinggal berada dikisaran 30 ribu rupiah tiap kilogram. Sedangkan tomat turun dari kisaran harga 10 ribu rupiah perkilogram, kini turun menjadi 8000 rupiah perkilogramnya. Sedangkan harga relatif stabil hanya terjadi pada bawang putih yang berada dikisaran 28 ribu rupiah tiap kilogramnya.

Salahsatu pedagang di pasar setempat, sumirah mengaku penurunan harga bahan pokok tersebut, terjadi secara bertahap, dan sudah dirasakan sejak sepekan yang lalu. Ia menduga anjloknya harga beberapa komoditas tersebut. Lebih dikarenakan melimpahnya stok barang dipasaran. Sementara daya beli masyarakat cenderung turun.

Hal serupa juga di ungkapan oleh wahyuni, dirinya mengaku sejumlah harga bumbu dapur mengalami penurunan, selain itu, kondisi pasar saat ini sepi pembeli.

Atas kondisi ini, para pedagang mengaku hanya dapat pasrah. Saat ini, demi mengurangi resiko kerugian yang lebih besar. Sejumlah pedagang terpaksa membanting harga dengan cukup murah. Dengan harapan, seluruh barang dagangan yang tersisa, dapat habis terjual, diburu pembeli.