Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 8, 2021, 13:29 WIB
Last Updated 2021-03-08T06:29:15Z
Pojok PituViewer

Kreasi Difabel, Manfaatkan Limbah Kelapa Jadi Pot Indah


JOMBANG - Memiliki kekurangan tidak membuat sodiq, 55 tahun, patah semangat menjalani hidup. Dengan dibantu tongkat  kayu di tangan kirinya, sodiq berjalan menghampiri tumpukan sabut kelapa di depan rumahnya. Berada di dusun bongkot, desa bongkot, kecamatan peterongan, bapak lima anak ini menekuni profesinya. Dibantu seorang saudaranya shodiq terus memproduksi pesanan produknya.
 
Sudah setahun terakhir sodiq menggeluti produk kerajinan berbahan dasar sabut kelapa. Dengan telaten sabut kelapa ini di bentuk dan di kreasikan menjadi pot unik dan cantik. Produk kerajinan tangannya kini mulai banyak diburu warga seiring pandemi yang memaksa sebagian orang berada di rumah.

Sodiq mengakui, menggeluti bisnis ini karena kondisi keterbatasannya. Untuk bertahan hidup dirinya harus berpikir unutk tetap bisa produktif. Meskipun awalnya sempat ragu akhirnya usahanya membuahkan hasil.
 
Kini aneka ragam produk kerajinan berbahan sabut kelapa, mulai dari pot bunga hingga pernak-pernik hiasan rumah dihasilkan tangan kreatifnya.  Mulai pot bunga berbentuk hati, bentuk bulat, bentuk kotak hingga hiasan dinding.  Saat ini produksi hasil tangannya sudah dipasarkan ke wilayah sumatera dan kalimantan secara online.  Untuk harga mulai dari  rp 5 ribuhingga 30 ribu.