Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 22, 2021, 14:58 WIB
Last Updated 2021-03-22T07:58:36Z
BojonegoroViewer

Panen Raya, Petani Jambu Kristal Di Bojonegoro Untung Puluhan Juta


BOJONEGORO - Musim penghujan tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi para petani jambu kristal di desa padang kecamatan trucuk, kabupaten bojonegoro.

Tingginya curah hujan membuat pohon jambu kristal yang di tanam bantaran sungai bengawan solo ini, berbuah yang sangat melimpah.

Hampir setiap hari pohon jambu kristal masak dan siap untuk di petik, sedikitnya ada 2 kwintal buah jambu kristal mampu di hasilkan oleh petani, dari 105 pohon yang ditanam dilahan seluas 1.500 meter persegi.

Jambu kristal bojonegoro ini memiliki banyak penggemar, sebab rasanya manis, buahnya yang renyah serta bijinya yang sedikit.

Salah seorang petani jambu kristal, sutartik mengaku sudah 6 tahun terakhir, melakukan budidaya jambu kristal. Ia menuturkan dalam setahun buah jambu kristal mampu panen selama 2 kali.

Keberhasilan para petani jambu kristal di desa padang dirasa sangat berdampak terhadap perekonomian warga desa tersebut, dulu mayoritas warga bertanam jagung, namun kini hampir semua warga memilih menjadi petani jambu kristal.

Di kecamatan trucuk, total 24 hektar lahan kebun jambu kristal yang tersebar di 3 desa yaitu desa padang, desa mori dan desa pagerwesi. Sementara untuk sentral jambu kristal ini tersentral di desa padang. Disini, kurang lebih 17 hektar yang ditanami jambu kristal dengan rincian 300 petani produktif dan 200 petani yang terus mengembangkan jambu kristalnya dan setiap tahunnya warga disini mampu panen sekitar 540 ton setiap tahunnya.

Tentu, hal ini membuktikan bahwa warga di wilayah kecamatan trucuk sangat produktif tentunya akan menambah dampak positif warga sehingga meningkatkan perekonomian mereka.