Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, March 15, 2021, 15:34 WIB
Last Updated 2021-03-15T08:34:57Z
Pojok PituViewer

Usai Nyepi Umat Hindu Gelar Upacara Ngembak Geni


JOMBANG - Mengawali  rangkaian acara ritual ngembak geni,  di laksanakan persembahyangan di pura amrtabuana dusun ngepeh desa rejoagung kecamatan ngoro jombang. Bukan saja orang tua, umat yang mengikuti sembahyang juga dari kalangan remaja bahkan anak-anak. Sembahyang dilaksanakan dengan penuh khidmad oleh seluruh peserta upacara.
 
Suasana hening disertai lantunan pembacaan mantra-mantra menambah  khidmad  persembahyangan. Dalam persembahyangan umat hindu juga berdoa agar wabah covid-19 segera sirna.
 
Mujiono pengurus pura mengatakan dalam acara ini  disampaikan pesan-pesan dari pemuka agama hindu. Dalam pesan tahun baru  saka 1943 di pura yang disampaikan pengurus phdi sukirno, umat hindu diminta tetap memegang teguh toleransi. Dengan toleransi yang kuat pada tahun baru  indonesia diharapkan lebih  maju dan lebih hebat.

Usai melangsungkan ritual persembahyangan, umat hindu berdarma santi dengan sesama. Umat hindu mengucapkan selamat tahun baru dan permintaan maaf satu sama lainnya. Setelah darma santi, mereka akan menyantap bersama sesaji terdiri dari makanan dan buah-buahan. Sebab saat ini umat hindu sudah diperbolehkan makan dan minum. Selama 24 jam umat sebelumnya umat hindu telah menahan makan dan minum serta larangan lainnya selama brata penyepian.